Strategic

ADA APA BINTANG KEJORA BERKIBAR DI AUSTRALIA?

Penulis: Letnan Jenderal (Purn) Bambang Darmono

Dikutip dari ABC Australia, Rabu (1/12/2021), Ronny Kareni, separatis kemerdekaan Papua yang tinggal di Canberra mengatakan, bendera Bintang Kejora sudah berkibar di beberapa kota besar di Australia, seperti Sydney, Melobourne, Brisbane, Adelaide, dan Canbera sejak pukul 08.00 waktu Australia.

Masih menurut berita tersebut, selain membentangkan bendera di depan gedung Kedutaan Republik Indonesia, separatis kemerdekaan juga datang ke Gedung Parlemen Australia. Mereka menyerukan agara pemerintah Australia menindak lanjuti situasi HAM yang memburuk di Papua.

Di Sydney pengibaran bendera Bintang Kejora dilakukan di gedung pemerintahan Inner West Council dan dihadir anggota parlemen dari Partai Hijau (Green Party), David Shoebridge dan Jamie Parker. Menurutnya ini bagian dari soldaritas dan pembangkangan, sekaligus seruan kepada pemerintah Australia untuk menempatkan kebebasan politik rakyat West Papua kembali dalam agenda Internasional. Di Victoria pengibaran Bintang Kejora tidak hanya di Melbourne tetapi juga di Ballarat yang dihadiri pejabat setempat diantaranya Councillor Belinda Coates.

Pertanyaan besarnya adalah, mengapa para politisi negeri Kanguru heboh ikut mengibarkan Bintang Kejora di negerinya?. Yang pasti hanya mereka yang bisa menjawab. Kalau melihat indikator yang ada, Green Party menggunakan tuntutan HAM untuk mendorong solidaritas terhadap perjuangan OPM.

Green Party didirikan pada tahun 1992, merupakan konfederasi partai yang mengusung isu utama tentang: keberlanjutan ekologi, keadilan sosial, demokrasi akar rumput dan non-kekerasan. Di Australia, partai ini adalah partai politik terbesar ketiga.

1 2 3Next page
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Check Also

Close
Back to top button