E-Konsultasi

E-konsultasi adalah fitur yang menyediakan sarana pertukaran pikiran untuk mendapatkan nasihat, saran, rekomendasi terkait topik demokrasi, sekuriti, dan studi strategis secara online dan real-time dengan tim konsultan IDESSS yang berpengetahuan, berpengalaman, dan memiliki keahlian di bidangnya. Konsultasi berlangsung bebas sepanjang tidak melanggar ketentuan yang berlaku; pendapat-pendapat yang disampaikan dalam konsultasi menjadi tanggungjawab masing-masing pribadi. E-konsultasi akan diselenggarakan satu bulan sekali, untuk satu jam di hari Kamis, minggu kedua, pada pukul 19.00-20.00 WIB.

ATURAN E-KONSULTASI

Anggota konsultasi diharapkan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan menggunakan kata-kata yang sopan. Tidak menggunakan umpatan, kata-kata berbau SARA & pornografi, tidak mengandung unsur fitnah & hoaks, dan tidak membahas hal lain di luar topik konsultasi.

Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya  Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan melanggar kesusilaan”. (Pasal 27 ayat 1 UU ITE)
  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya  Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”. (Pasal 27 ayat 3 UU ITE)
  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA)”. (Pasal 28 ayat 2 UU ITE)
  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data otentik”. (Pasal 35 UU ITE)
Back to top button