E-Forum

E-forum adalah fitur dimana setiap anggota forum dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan, serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar, ataupun rekaman audio dan video. Konten yang dibahas adalah yang terkait dengan topik demokrasi, sekuriti, dan studi strategis. Diskusi dimulai dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh moderator. Tanggapan, gagasan, pendapat, ulasan dapat bebas disampaikan sepanjang tidak melanggar ketentuan yang berlaku; dan menjadi tanggung jawab masing-masing. Diskusi ditutup dengan ringkasan/kesimpulan dari moderator.

ATURAN E-FORUM

Anggota forum diharapkan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan menggunakan kata-kata yang sopan. Tidak menggunakan umpatan, kata-kata berbau SARA & pornografi, tidak mengandung unsur fitnah & hoaks, dan tidak membahas hal lain di luar topik diskusi.

Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya  Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan melanggar kesusilaan”. (Pasal 27 ayat 1 UU ITE)
  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau membuat dapat diaksesnya  Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”. (Pasal 27 ayat 3 UU ITE)
  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA)”. (Pasal 28 ayat 2 UU ITE)
  • “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data otentik”. (Pasal 35 UU ITE)

Back to top button