E-College

E-college adalah fitur pendidikan online yang memberikan kesempatan untuk menghadiri kelas online yang membahas beragam topik terkait demokrasi, sekuriti, dan studi strategis. Peserta kelas e-college akan belajar secara teratur mengikuti kurikulum pembelajaran yang disiapkan dan disampaikan oleh pengajar yang berpengetahuan, berpengalaman, dan memiliki keahlian di bidangnya. Kurikulum dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) disusun dengan perimbangan 70% studi kasus dan 30% teori/konsep. Studi kasus diperoleh dari pengalaman dan fenomena real di Indonesia dan Internasional. Peserta kelas e-college dapat memilih level basic, intermediate, dan advanced; di setiap topik pembelajaran setiap kelas. Diakhir kelas, peserta dapat mengikuti ujian akhir untuk mendapatkan sertifikat.

Aturan:

  1. Peserta mendaftar menjadi anggota e-college dengan membuat akun pada website IDESSS.
  2. Tidak ada diskriminasi latar belakang pendidikan, pekerjaan, SSE, umur, gender, suku, agama, ras, dan golongan untuk menjadi peserta e-college.
  3. Peserta yang telah mendaftarkan diri dapat memilih salah satu kelas (Demokrasi, Sekuriti, dan Isu Strategis) kemudian memilih salah satu level pembelajaran (basic, intermediate, atau advanced).
  4. Level basic adalah level yang paling rendah, menjelaskan teori, konsep dasar, kasus sederhana, bersifat deskriptif.
  5. Level intermediate adalah level menengah, menjelaskan teori, konsep, kasus kompleks, bersifat analitik.
  6. Level advanced adalah level yang paling tinggi, bersifat konseptualisasi dan generalisasi kasus-kasus.
  7. Di akhir proses pendidikan, peserta dapat memilih untuk mengikuti ujian akhir atau tidak. Apapun pilihan peserta, peserta tetap dapat mengikuti kelas yang sama atau kelas topik-topik lain.
  8. Ujian akhir merupakan soal-soal pilihan ganda yang dapat dijawab secara online dalam batas waktu tertentu.
  9. Peserta yang lulus ujian akhir, berhak mendapatkan e-sertifikat IDESSS.
  10. Peserta dapat memanfaatkan fitur e-forum, e-konsultasi, dan e-library IDESSS untuk meningkatkan pemahaman materi kelas yang sedang diambil.
Back to top button