Security

KONFLIK LAUT CINA SELATAN: AKANKAH MENJADI PERANG TERBUKA?

Dalam satu hal, sengketa Laut Cina Selatan (LCS)  dan Laut Cina Timur (LCT) adalah dua isu yang berbeda. Isu pertama adalah sengketa antara Cina dengan negara tetangga Asia Tenggara dan isu kedua adalah sejarah sengketa rivalitas antara Cina dengan Jepang.

Namun, keduanya menjadi kepentingan Amerika. Fakta-fakta dalam hubungan internasional menunjukkan bahwa dalam sengketa LCS dan LCT, Jepang, Taiwan dan negara-negara Asia Tenggara juga bergantung pada AS, walaupun dengan cara yang berbeda.

LCS oleh Profesor Yale, Nicholas Spykman disebut sebagai “ikat laut marjinal” (the girdle of marginal sea) yang membungkus daratan Eurasia. Sebagai ahli geopolitik, menurut Spykman, mendominasi laut marjinal seperti itu berarti mendominasi simpul utama untuk memproyeksikan kekuatan ke wilayah rim Eurasia dan kemudian ke bagian dalam yang luas.

Merujuk pandangan Spykman, seorang jurnalis Robert Kaplan menyebutnya tenggorokan rute laut global, sehingga LCS akan menjadi “medan pertempuran yang menentukan abad ke-21”. Dalam perspektif ini, Cina terlihat jelas menginginkan posisi hegemonik di wilayah tersebut, setelah berulang kali menyatakan “kedaulatan yang tak terbantahkan”.

Realita Konflik Yang Berlangsung

1 2 3 4 5Next page
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button