infografik

01 atau 02, Ini Pilihan Gue

Survei “01 atau 02, Ini Pilihan Gue” dilakukan pada 336 orang responden yang dipilih secara acak dari populasi homogen di Jabodetabek pada 1 Maret – 15 April 2019. Jumlah kelompok umur responden yang paling banyak ialah kelompok umur 19 tahun dengan jumlah 27%. Sedangkan, kelompok umur yang paling sedikit jumlahnya ialah kelompok umur 23 tahun dengan jumlah 2%. Jenjang pendidikan responden paling banyak ialah SMA/SMK/MA dengan jumlah 61%. Sebanyak 39% responden berjenjang pendidikan D1/D2/D3/D4/S1.

Pada survei “01 atau 02, Ini Pilihan Gue”, terdapat 6 pertanyaan yang diajukan kepada responden. Sebanyak 63% responden yang menjawab “sama”, 14% responden menjawab “beda”, dan 23% responden menjawab “tidak tahu” pada pertanyaan “Pilihanmu dengan Bapakmu..?”. Tidak jauh berbeda, sebanyak 67% responden menjawab “sama”, 14% responden menjawab “beda”, dan 19% responden menjawab “tidak tahu” pada pertanyaan “Pilihanmu dengan Ibumu..?”.

Sedangkan pada pertanyaan “Pilihanmu dengan Panutanmu (guru/dosen/selebriti/tokoh)..?” didominasi oleh responden yang menjawab “tidak tahu” dengan jumlah 65% responden, sisanya menjawab “sama” sebanyak 19% responden dan 16% menjawab “tidak tahu”. Pada pertanyaan “Pilihanmu dengan pembimbing spiritual (ustaz/guru ngaji/pendeta/pastor/biksu/pandita)..?”, sebanyak 66% responden menjawab “tidak tahu”, 22% responden menjawab “sama”, dan 12% responden menjawab “beda”. Setelah itu, pertanyaan mengerucut menjadi “Jika pilihanmu beda, apakah kamu akan tetap nyoblos pilihanmu?”.

Dari pertanyaan tersebut, sebanyak 88% responden menjawab akan mencoblos pilihannya meskipun pilihannya berbeda dengan orang di sekitarnya. Sebanyak 9% responden menjawab tidak relevan karena pilihannya sama dengan orang di sekitar responden. Sedangkan sebanyak 3% responden menjawab tidak akan memilih pilihannya meskipun pilihannya berbeda dengan orang di sekitarnya. Kemudian, pada pertanyaan “Kalau dipaksa untuk ikut pilihan orang terdekat, kamu…”, sebanyak 99% responden menjawab tidak mau dan tetap sesuai dengan pilihan mereka, sedangkan 1% sisanya menjawab mau dan nurut saja kepada pilihan orang terdekatnya.

Berdasarkan jawaban responden di atas, mayoritas pemilih muda pada sampel survei ini berani untuk menyuarakan dan memilih pilihan mereka meskipun pilihan mereka berbeda dengan orang terdekat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button